Kamis, 23 Desember 2010

sepotong tntng software

Bagi para pengguna komputer, istilah software bukanlah istilah yang asing lagi. Software yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai perangkat lunak adalah salah satu bagian dari komputer.
Ada beragam software yang dikembangkan untuk membuat kinerja komputer menjadi maksimal. Software yang terkadang disebut juga sebagai program atau aplikasi memungkinkan komputer dapat berfungsi secara maksimal dan beragam.
Berbagai Ragam Software
Dewasa ini, ada banyak software yang berkembang. Namun demikian, pada dasarnya software dapat kita bagi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pembagian fungsi dari software adalah sebagai berikut:
  • Sistem Operasi. Sistem operasi adalah software dasar yang harus terpasang pada sebuah komputer. Tanpa sistem operasi, sebuah komputer tidak dapat berjalan. Sistem operasi menjadi perantara antara pemakai dengan hardware komputer. Sistem operasi mengatur setiap fungsi dari bagian-bagian hardware  komputer sehingga dapat berjalan dengan baik. Beberapa sistem operasi yang sering digunakan adalah sistem operasi kelompok Windows (XP, Server, Seven, dll), sistem operasi Linux (Redhat, Mandriva, Ubuntu, dll), dan MacOS.
  • Aplikasi. Aplikasi merupakan software-software yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Jumlah dan jenis aplikasi yang ada saat ini sangat banyak yang beragam. Beberapa aplikasi yang biasanya di-install dan digunakan adalah aplikasi pengolah kata dan data (Office Application), aplikasi pengolah gambar/foto (design application), game, aplikasi accounting, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat dikembangkan secara khusus menyesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  • Driver. Driver adalah software yang menjadi perantara antara hardware dengan sistem operasi. Dengan adanya driver, sistem operasi dapat mengenal setiap hardware yang terpasang pada komputer. Driver juga berbeda-beda untuk setiap sistem operasi yang berbeda. Driver yang di-install dalam komputer harus sesuai dengan sistem operasi dan hardware yang bersangkutan.
Selain terbagi berdasarkan fungsinya, software juga bisa kita bagi berdasarkan lisensinya. Saat sebuah software kita beli, ada lisensi yang melekat padanya. Ada istilah Full License dan OEM (Original Equipment Manufacturer).
Lisensi Full berarti bahwa Anda bisa melakukan instalasi sesuai dengan jumlah lisensi yang Anda miliki. Sedangkan pada lisensi OEM, software melekat pada hardware yang Anda beli bersamanya. Kerusakan hardware menyebabkan hangusnya lisensi software tersebut.
Lisensi Software
Ada 2 istilah lisensi yang juga berlaku pada software yang banyak beredar di internet, yaitu Freeware dan Shareware. Freeware adalah software gratis yang bisa Anda gunakan dan Anda sebarkan secara gratis.
Shareware atau yang juga dikenal dengan software trial merupakan software yang bisa Anda coba untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Setelah Anda merasa cocok dengan software tersebut, Anda bisa membeli lisensi Full dari pengembangnya untuk digunakan secara maksimal.
Sebuah komputer tanpa software menjadi sebuah alat yang tidak berguna. Secanggih apapun komputer, tanpa software, kecanggihan komputer tersebut menjadi sia-sia. Software menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah komputer. Software membuat sebuah komputer dapat berfungsi secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar